IAIN METRO LAMPUNG MENGIRIM PESERTA KKN TEMATIK MELAYU SERUMPUN SE-SUMATRA DI SUMATRA BARAT


IAIN METRO mengirim mahasiswa dari empat fakultas sebanyak tujuh orang, yang akan diberangkatkan dari Kampus dengan acara pelepasan resmi oleh Rektor IAIN METRO Dr. Hj. Siti Nurjanah, M.Ag., PIA. Tanggal 25 Juli 2021.

KKN TEMATIK MELAYU SERUMPUN SE-SUMATRA merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri Se-SUMATERA. Untuk tahun 2021 ini kegiatan dipusatkan di Padang Pariaman Sumatera Barat dan sebagai penyelenggara UIN IMAM BONJOL PADANG SUMATRA BARAT yang diikuti oleh PTKIN se-SUMATRA ditambah dari negara Singapura, Malaysia dan Brunei Darusalam.

Dalam kesempatan tersebut, Dr. Aguswan Kh Umam, MA selaku ketua LPPM IAIN Metro menyampaikan bahwa KKN ini bertujuan menjalin kerjasama antara perguruan tinggi dan berbasiskan keilmuan yang dikembangkan di masyarakat, sekaligus proses pembelajaran diluar kelas yang tidak hanya menjadikan kampus sebagai sentral bersimbolkan gedung mewah dididik para ahli, magister, master, doktor dan profesor. Ilmu tidak hanya sebatas konsep teoritis tapi perlu aplikasi langsung ditengah masyarakat. Mahasiswa yang menempuh kegiatan KKN diharapkan memiliki bekal ilmu teoritis dan ilmu kemasyarakat atau matang kognitif afektif dan psikomotorik.

Selain itu, Kepala Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat IAIN Metro, Sainul, SH., MA juga menyampaikan, “mahasiswa peserta KKN Tematik diharapkan mampu menjadi Problem Solver di tengah situasi covid 19 yang belum mereda ini dengan alternatif kajian diantaranya: Pendidikan Desa, Desa Wisata, Desa Kuliner, Desa Seni Budaya, Desa Religius, Desa Home Industri, Ekonomi Kreatif Desa yang berbasis PENTHALIX. Kesemuanya itu merupakan bentuk ikhtiar dalam memberikan solusi bagi masyarakat yang terdampak secara ekonomi agar dapat bangkit dan survive ditengah pandemi Covid19 ini”.

KKN TEMATIK MELAYU SERUMPUN SE-SUMATRA ini akan diselenggarakan selama 60 hari terhitung sejak tanggal 26 Juli 2021 hingga 26 Septerber 2021. Berkenaan dengan situasi pandemi covid 19 ini, Sainul SH, MA juga berpesan kepada seluruh mahasiswa agar dapat menunjukkan kapasitasnya sebagai mahasiswa yang memiliki kemampuan rasional logis sistematis sebagai insan akademis khususnya dalam menyiapkan dan melaksanakan hingga membuat karya ilmiah sebagai laporan, serta dapat menjadi solusi dalam menanggulangi dampak Covid19 dengan mengembangkan ekonomi kreatif desa, dan lain-lain.

Di akhir sambutan, Rektor berpesan, bahwa “Mahasiswa harus mampu mengimplementasikan teori yang di dapat di bangku kuliah di tengah-tengah masyarakat dengan memperhatikan perkembangan situasi terkini, agar tidak tergerus oleh zaman. Mahasiswa juga harus menjaga nama baik lembaga, kampus IAIN METRO LAMPUNG tercinta. Pulang membawa hasil pemikiran ilmiah berbasis data, sehingga menghasilkan produk pemikiran yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas. Jaga kesehatan, tetap jalankan prokes secara ketat sesuai dengan Peraturan Pemerintah. Selamat berjuang, semoga lancar dan sukses dengan gemilang”